Kamis, 06 Oktober 2011

12 Manfaat Minum Teh Hijau

Teh adalah minuman yang mengandung kafein dan dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dengan air panas. Sejak dulu minuman yang telah menjadi budaya jamuan di Cina ini memang terkenal banyak memiliki khasiat. Tapi bicara soal teh, pada dasarnya tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok yakni teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.
Kali ini kita hanya akan bicara soal teh hijau yang dikenal memang paling banyak memiliki khasiat bagi kesehatan, dibanding dengan teh yang lainnya. Sebagai catatan, di Cina teh hijau telah digunakan sebagai pendukung pengobatan sejak 4.000 tahun yang lalu. Saat ini para pakar nutrisi pun mengakui bahwa teh hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Senyawa sehat dalam teh hijau dikenal sebagai Katekin, khususnya yang bernama epigallocatechin gallate (EGCG). Senyawa ini tergolong dalam kelompok antioksidan yang scara alami juga terdapat pada sayur dan buah. Menurut riset, antioksidan yang dikandung dalam EGCG ini memiliki kekuatan hingga lima kali lipat dari vitamin C dan E.
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi teh hijau :
  1. Mencegah kanker. EGCG yang terdapat dalam teh hijau terbukti sangat potensial menghambat aktivitas dari senyawa karsinogenik pembentuk kanker.
  2. Mencegah tekanan darah tinggi. Senyawa dalam teh hijau juga berfungsi menghambat aktivitas enzim Angiotensin Transferase penyebab timbulnya tekanan darah tinggi.
  3. Mencegah penyakit jantung. Pembekuan throbosis yang abnormal dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Teh hijau terbukti mencegah pembekuan lebih efektif.
  4. Menyegarkan tubuh. Kafein yang terkandung dalam teh hijau dapat menstimulasi sistem saraf pusat dan memberikan efek kesegaran pada tubuh.
  5. Mencegah penyakit flu dan mengobati diare. Cathecin yang terdapat pada teh hijau mempunyai sifat antimikroba, yang sangat efektif menonaktifkan virus influenza.
  6. Membantu membakar lemak. Nah, mungkin manfaat inilah yang paling ditunggu-tunggu. Ya, teh hijau dapat mempercepat tingkat metabolisme tubuh karena pengaru anti oksidan yang membantu hati berfungsi lebih efektif.
  7. Membantu melindungi dari Diabetes. Polyphenol yang terkandung dalam teh hijau mampu mengurangi amylase, sehingga membantu menurunkan tingkat gula darah.
  8. Mencegah karies pada gigi. Mineral Flour cukup banyak terdapat di dalam teh hijau sehingga akan mencegah timbulnya kerusakan pada gigi.
  9. Mencegah keracunan makanan. Sejak dulu para pakar sepakat bahwa teh hijau mampu membunuh beberapa bakteri. Minum teh ini dapat menurunkan resiko keracukan yang disebabkan oleh bakteri.
  10. Mencegah bau mulut. Senyawa yang terkandung dalam teh hijau (polyphenol) dikenal mampu membunuh bakteri di dalam mulut sehingga mengurangi bau kurang sedap di dalam mulut.
  11. Membantu melindungi dari hepatitis. Tehh hijau terbukti dapat menurunkan tingkat zat besi di seluruh tubuh yang berpengaruh langsung untuk melindungi dari hepatitis.
  12. Meningkatkan sistem imunitas (kekebalan) tubuh. Berkumur dengan teh hijau dapat meningkatkan kekebalan tubh terhadap influenza dan flu. Kimiawi teh hijau dapat merangsang gammadelta T yang mendukung kekebalan terhadap bakteri dan virus.
Luar biasa bukan manfaat yang bisa kita peroleh dari minum teh hijau? Oleh sebab itu mulailah mengkonsumsi teh hijau secara rutin dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar