Rabu, 12 Oktober 2011

Pola Makan Sehat Antisipasi "Hidden Hunger"

KOMPAS.com — Tubuh membutuhkan asupan mineral yang seimbang. Sumber mineral bisa berasal dari sayuran, buah, biji-bijian, hingga susu. Sayangnya, kualitas kandungan mineral pada banyak sumber makanan ini terus menurun. Kondisi lingkungan yang tercemar memengaruhi kandungan mineral dalam sumber makanan. Inilah salah satu penyebab terjadinya hidden hunger atau malanutrisi mineral. Selain penyebab lain yakni asupan mineral dalam menu harian yang belum seimbang. Faktanya, hampir 20 tahun terakhir, sebagian besar masyarakat dunia mengalami malanutrisi mineral. Indonesia termasuk negara yang mengalami hidden hunger .

Prof Dr Ir Maggy Thenawidjaja Suhartono, MSc, Biochemist dan Guru Besar Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan IPB Bogor, mengatakan, belum ada riset yang menyebutkan sejauh mana level hidden hunger di Indonesia. Namun, sejumlah riset di Amerika menunjukkan kandungan mineral pada sumber makanan seperti buah dan sayur terus menurun.

"Status hidden hunger di Indonesia adalah sebagai warning, setiap orang perlu hati-hati. Akibat dari defisiensi mineral memang tidak terasa dalam waktu cepat, namun akan terasa dalam jangka waktu lama. Namun, saat ini pada kalangan tertentu, misalnya, perempuan usia matang, dampaknya mulai terasa. Gejala penuaan menjadi salah satu akibat yang ditimbulkan dari malanutrisi mineral. Sementara di desa, bisa ditemui penderita gondokan, ini pertanda hidden hunger," jelasnya saat konferensi pers HiLo bertema "Lingkungan Hijau Menciptakan Hidup Lebih Sehat dengan Mineral" di E-Corner Epicentrum Walk, Jakarta, Selasa (21/6/2011) lalu.

Asupan sayur dan buah yang minim dalam menu harian Anda memengaruhi terjadinya hidden hunger dalam satu keluarga. Karenanya, pastikan menu harian di rumah memenuhi pola makan sehat dengan gizi seimbang. Kalaupun Anda sudah cukup rajin mengonsumsi buah, sayur, susu, atau sumber mineral lainnya, pastikan makanan tersebut mengandung mineral tinggi. Pasalnya, saat ini kandungan mineral pada bahan makanan sumber mineral semakin menurun karena pengaruh lingkungan.

Negara "hijau" dengan green index yang baik memiliki sumber mineral yang lebih baik. Artinya, sayuran, buah, dan susu dari negara "hijau" dengan lingkungan hijau yang masih alami memproduksi sumber mineral dengan kualitas yang jauh lebih baik. Green index menjadi ukuran suatu negara yang dinilai ramah lingkungan dengan memiliki lingkungan hijau sehat. Saat ini 10 besar negara dengan green index terbaik masih berasal dari Eropa. Indonesia masih berada pada peringkat ke-134 dari total 163 negara.

Gejala kekurangan mineralMineral penting untuk kesehatan tubuh. Prof Maggy mengatakan, mineral baik dikonsumsi setiap hari dan bermanfaat menyalurkan dan membangkitkan sistem elektrik dalam tubuh agar fisik tampil prima. Gejala kekurangan mineral bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Gejalanya seperti sering mengalami sakit kepala, pening, migran, daya ingat berkurang, kurang konsentrasi, gemetar, gugup, kejang otot, mual, muntah, atau kesemutan.

Lebih lanjut, Prof Maggy menjelaskan, mineral memiliki fungsi penting yang memengaruhi kerja organ tubuh sehingga kekurangan asupan mineral dalam menu harian bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti osteoporosis, gangguan tulang, gangguan otot, dan kulit. Malanutrisi mineral juga menyebabkan penyakit diabetes tipe 2 serta berbagai gangguan tubuh lainnya, seperti lemah otot, tekanan darah menurun, anemia, gangguan sistem kekebalan tubuh, hingga penyakit yang sering kali dialami seperti diare dan muntah.

Solusi
Untuk menghindari berbagai gejala dan gangguan tubuh akibat malanutrisi mineral, ada dua langkah yang bisa dijalankan. Susana STP, MSc, PDEng, Head of Nutrifood Research Center for XT Life Division, menawarkan dua solusi yang bisa dilakukan untuk merespons masalah hidden hunger ini.

"Solusi pertama adalah dengan meningkatkan asupan gizi seimbang, terutama asupan gizi pada orang dewasa yang saat ini masih sangat kurang. Solusi kedua, secara bertahap, kita perlu meningkatkan kesadaran lingkungan hijau. Meski lingkungan hijau di negara-negara Eropa masih lebih baik, dan menghasilkan sumber mineral berkualitas, bukan berarti kita harus terus-menerus impor bahan makanan berkualitas. Jika kesadaran lingkungan hijau di Indonesia terus meningkat, sumber mineral berkualitas juga bisa didapatkan dari tanah Indonesia," jelasnya.

Mengenai kebutuhan mineral, Prof Maggy menambahkan, kebutuhan setiap orang berbeda. Perbedaan kebutuhan mineral setiap individu dipengaruhi oleh faktor usia, aktivitas, kondisi kesehatan, dan cadangan nutrisi dalam tubuh. Asupan mineral pada diri seseorang dikatakan cukup atau kurang juga dipengaruhi dari sumber mineral yang diasupnya, termasuk kualitas sumber mineral. Semakin berkualitas sumber mineral yang diasup, kebutuhan mineral seseorang semakin tercukupi dengan baik.

8 Prinsip Budaya Makan Sehat Ala India

KOMPAS.com - Setiap orang butuh makan untuk menunjang kelancaran dalam beraktivitas dan mempertahankan kelangsungan hidup. Namun, disisi lain, makanan juga bisa menyebabkan kita jatuh sakit seperti misalnya obesitas dan gangguan pencernaan.
Penerapan budaya makan sehat sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu. Salah satunya seperti yang tertuang dalam sebuah kitab dari India, Ayurveda. Prinsip dasar dari Ayurveda adalah mencegah timbulnya penyakit dengan menjaga keseimbangan tubuh, pikiran, jiwa dan lingkungan. Berikut adalah 8 (delapan) prinsip budaya makan sehat ala India:
1. Selalu makan makanan segar dan sajikan ketika masih hangat. Buat semenarik mungkin sehingga menimbulkan rasa, aroma dan estetika yang menggugah selera.
2. Pastikan bahwa makanan tersebut kaya bumbu dan rempah-rempah, dan menggunakan bahan-bahan yang menyeimbangkan rasas yang berbeda. Masaklah dalam keadaan pikiran yang damai.
3. Jangan memulai makan ketika Anda sedang stress atau emosional.
4. Sebelum mulai makan, fokuskan perhatian Anda pada makanan, yang merupakan dasar energi tubuh. Buatlah pengharapan bahwa unsur-unsur yang terkandung dalam makanan tersebut bermanfaat bagi kesehatan, kekuatan, dan keseimbangan. Disamping itu, Anda juga dapat mengucapkan doa untuk menenangkan pikiran.
5. Makan jangan terlalu lambat atau terlalu cepat. Jangan berbicara dengan makanan di mulut.
6. Beri jarak minimal empat jam antara makan pagi dan siang dan 10 sampai 12 jam antara makan malam dan sarapan. Untuk makan malam, setidaknya dua jam sebelum tidur.
7. Minumlah air setengah jam sebelum atau setengah jam setelah makan. Jangan minum selama Anda sedang makan.
8. Makan cukup untuk mengisi dua pertiga dari perut Anda. Jangan mengisi perut Anda penuh dengan makanan. Dengan makan berlebih, makanan yang tidak tercerna akan tetap berada di lambung dan usus sehingga mengarah pada pembentukan toksisitas.

5 Makanan Diet Sehat Bebas Lemak

5 Makanan Diet Sehat Bebas LemakLemak seringkali dituduh sebagai penyebab kolesterol. Padahal asupan lemak penting untuk tubuh. Jenis lemak yang bagaimana yang baik untuk makanan diet sehat? Yuk, simak info penting soal ini!
Salah satu makanan diet sehat adalah asupan 30% lemak. Lemak merupakan sumber energi dan pelarut vitamin. Lemak terdiri dari asam lemak jenuh (SAFA), lemak trans (TFA) serta asam lemak tak jenuh yaitu asam lemak tak jenuh jamak (PUFA) dan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Jenis lemak yang baik dikonsumsi untuk makanan diet sehat adalah lemak tak jenuh, di antaranya asam lemak omega-3 dan omega-6. Asam lemak jenis ini bagus untuk kesehatan jantung, sistim syaraf, hormon, memperbaiki penyerapan nutrisi, dan menjaga daya tahan sel. Nah, biar tubuh mendapat asupan makanan diet sehat bebas lemak jahat, beberapa jenis makanan berikut ini masukkan ke dalam menu diet sehat keluarga.
  1. Buah-buahan. Mengandung serat, air, vitamin, gula alami, dan tentu saja bebas kolesterol. Yang terbaik, tentu saja buah segar. Pilihan kedua adalah buah yang dikeringkan. Buah segar di antaranya, alpukat, apel, keluarga stroberi, pisang, anggur. Buah yang dikeringkan antara lain, kurma, kismis, persik.
  2. Sayuran. Sama dengan buah-buahan, sayuran tinggi kandungan serat dan vitaminnya. Sudah pasti bebas kolesterol. Biar terjaga vitaminnya, sayuran paling baik dimasak dengan cara kukus, panggang, atau tumis dengan minyak sehat (misalnya minyak jagung atau minyak zaitun), dan tentu saja dimakan mentah. Di antaranya, keluarga daun salad, bayam, brokoli, tomat, jagung, dan sayuran berdaun hijau tua, semisal kalian.
  3. Gandum. Tinggi serat, mengandung protein, dan bebas kolesterol. Di antaranya, roti gandum, havermouth, quiona.
  4. Biji-bijan dan kacang-kacangan. Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber lemak baik. Di antaranya, kacang kedelai, kacang almond, kacang mede, biji wijen. Juga sayuran kacang-kacangan, di antaranya, kacang Arab, kacang merah, kacang polong.
  5. Minyak sehat. Tidak semua jenis minyak masak jahat untuk tubuh. minyak sehat dibuat dari biji-bijian dan kacang-kacann. Di antaranya, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak flaxseed.
Well, mulai sekarang jangan takut mengkonsumsi lemak, asalkan jenis lemak yang diasup adalah jenis makanan diet sehat bebas lemak. Mulai sekarang!

Makanan sehat untuk diet

Makanan sehat untuk diet

Cara DietSayuran hijau adalah makan sehat untuk diet anda. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan asparagus adalah makanan sehat yang banyak mengandung serat dan rendah kalori. Gizi yang terkandung dalam sayuran hijau ini tidak akan diserap tubuh menjadi lemak (kalori) dan cocok untuk diet kita.
Ubi yang kaya dengan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan E. Jika dimasak dengan cara dipanggang atau tanpa gula ubi bias menjadi makanan sehat untuk diet yang rendah kalori.
Air murni yang segar sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Meminum delapan gelas air putih perhari akan sangat membantu dalam proses metabolisme tubuh, membersihkan bekas makanan dalam tubuh serta mencegah terjadinya dehidrasi bagi yang sedang menjalankan diet.
Ubi yang kaya dengan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan E. Jika dimasak dengan cara dipanggang atau tanpa gula ubi bias menjadi makanan sehat untuk diet yang rendah kalori.
Susu yang rendah lemak juga bisa menjadi pelengkap untuk makanan sehat untuk diet kita. Seperti keju dan yogurt yang merupakan sumber kalsium yang bagus untuk tubuh. Bila tubuh kekurangan kalsium maka akan memicu hormon dan akan terjadi penyimpanan lemak. Memilih susu formula yang rendah lemak akan mencukupi asupan kalsium dalam tubuh.
Kacang-kacangan seperti kacang merah bias menjadi alternatif makanan sehat untuk diet kita. Protein yang terkandung dalam kacang akan lebih dicerna dalam pencernaan kita. Dan tentu saja hal ini berarti kita akan kenyang lebih lama. Selain memiliki kandungan protein dan serat yang bagus untuk pencernaan, kacang juga mengandung zat besi, magnesium dan fosfor yang tinggi.
Makanan sehat untuk diet lainnya adalah buah-buahan seperti apel misalnya. Apel memiliki serat yang juga bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam darah. Apel akan bertahan cukup lama dalam pencernaan, dan juga sehat bagi tubuh, ini menjadi alternatif bagus untuk makanan sehat untuk diet kita.
Makanan sehat untuk diet juga bias bersumber dari hewani. Ikan adalah pilihan terbaik, terutama untuk jenis ikan salmon. Seperti halnya kacang-kacangan, ikan juga mengandung protein yang tinggi dan juga bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi. Membuat resep masakan dari ikan dengan cara dikukus akan lebih baik dibandingkan dengan digoreng.
Itulah beberapa diantaranya jenis makanan sehat untuk diet. Kita bisa mencoba dengan fariasi resep masakan yang beragam dan sehat agar tidak bosan dengan jenis makanan sehat untuk diet ini.

Makanan Sehat Penahan Lapar

Pengertian Makanan Sehat.

makanan sehat untuk diet Bagi yang sedang berdiet tentu punya kekawatiran menjadi gendut ketika mengkonsumsi makanan , padahal dengan memilih milih makanan sehat Anda bisa tetap makan kenyang tanpa ada resiko menjadi gendut. Kira kira seperti apa yaa tips makan makanan sehat tanpa takut menjadi gendut?
Ketika berdiet tidak dianjurkan untuk menjadi lapar, bahkan salah satu tips bagi yang berdiet adalah "diet bukan kelaparan". Diet adalah menjaga perut tetap dalam keadaan tidak lapar. ada makanan yang yang mempunyai efek mengenyangkan, sehingga ketika makan makanan jenis ini tubuh kita akan tetap merasa kenyang lebih lama, sehingga secara tidak langsung porsi makan kita akan berkurang dan berat badan terjaga.
<p>Your browser does not support iframes.</p> <p>Your browser does not support iframes.</p>

Jenis makanan sehat penahan lapar.

Sayuran Hijau Sayuran adalah makanan yang rendah kalori, selain itu sayuran seperti brokoli, asparagus, bayam memiliki efek termal dalam tubuh maksutnya dalah sayuran ini tidak mungkin disimpan sebagai lemak karena kalorinya telah habis digunakan dalam proses pencernaan. Sayuran hijau juga mengandung kadar serat yang tinggi, serat ini berfungsi sebagai anti oksidan,vitamin, mineral dalam jumlah yang minim dan yang pasti serat akan memberikan rasa kenyang. sayuran hijau cocok sekali digunakan sebagai salah satu makanan sehat untuk diet.
Apel
Pektik yang ada pada apel dapat menurunkan nafsu makan Anda secara alami. Apel sebagai makanan sehat banyak sekali digunakan sebagai makanan pengganti untuk diet. selain itu, kandungan serat yang ada pada apel pasti akan menjaga Anda tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Apel memang telah dikenal luas sebagai salah satu makanan sehat untuk diet.
Kacang Kacangan. Protein memiliki index kenyang tertinggi dibanding bahan makanan lainnya dan Kacang adalah salah satu sumber protein nabati yang baik. Selain itu kacang juga mengandung serat yang tinggi pula. Untuk mencerna kacang tubuh memerlukan waktu yang lebih lama hasil akhirnya adalah anda akan merasakan kenyang yang lebih lama ketika mengkonsumsi makanan sehat ini.
Susu rendah lemak
Susu rendah lemak dan produk olahan susu yang rendah lemak seperti keju dan yogurt merupakan sumbel kalsiaum yang baik. penelitian menyebutkan jika kita tidak mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah yang cukup maka tubuh akan melepaskan senyawa calcitrol yaitu suatu hormon yang akan memicu terjadinya penyimpanan lemak. Susu telah dikenal sebagai produk makanan sehat ,Pilihlah susu rendah lemak sebagai makanan sehat untuk diet.
Ikan.
Ikan, seperti halnya kacang kacangan juga sebagai salah satu makanan sehat sumber protein. kacang mengandung protein nabati sedangkan ikan mengandung protein hewani. ikan ikan seperti mackarel, hering, tuna, salmon mengandung asam lemak omega-3 , asam lemak ini akan membantu menurunkan kolesterol Anda dan juga akan mempercepat metabolisme anda. Cara membuat makanan sehat dengan ikan pun ikut menentukan kualitas makan sehat itu sendiri ,secara umum dipanggang atau di kukus lebih baik daripada di goreng ataupun di bakar.

Bagaimana Memulai Pola Hidup Sehat

Sebagai bentuk dari proses tumbuh dan berkembang, manusia memerlukan pola hidup sehat untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat  hidup lebih lama dengan sehat dan mandiri. Kehidupan yang lebih baik juga nantinya akan didapat jika manusia mampu memenuhi kebutuhan tubuhnya dengan sumber makanan yang sehat dan tidak terkontaminasi bahan makanan kimia yang dapat merusak fungsi organ tubuh mereka. Berbicara tentang pola hidup sehat, hal ini tidak hanya memfokuskan pada sumber makanan sehat, namun juga terkait dengan kebiasaan sehat dalam menjalani kehidupan serta tidak kalah penting adalah kepemilikan pola pikir positif. Manusia yang memandang kehidupan dengan lebih optimis, diyakini sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan yang pada akhirnya membebaskan mereka dari beban pikiran yang mungkin dialaminya sehingga mampu menghindarkan penyakit yang biasanya juga disebabkan oleh munculnya beban pikiran, stres, dan kecemasaan dalam kehidupan mereka.
Manusia tentunya disibukkan dengan beragam aktivitas yang merupakan konsekuensi atas pemenuhan kebutuhan hidup mereka. Aktivitas tersebut beragam, termasuk salah satunya dengan bekerja yang ditujukan untuk memperoleh hasil dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Namun terkadang manusia lupa bahwa tubuh pun membutuhkan asupan gizi yang sehat demi menyeimbangkan aktivitas mereka yang sangat padat dan beragam tersebut. Beberapa kebiasaan hidup manusia yang kurang baik juga menjadi pemicu gagalnya pola hidup sehat karena mereka tidak memperhatikan pentingnya asupan tersebut bagi tubuh.
Untuk itu, manusia disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi karena hal itulah yang sangat dibutuhkan tubuh, terlebih jika badan dalam keadaan capek atau sakit. Untuk mendapatkan makanan bergizi, hal ini tidak berarti harus mengkonsumsi makanan mahal. Makanan yang diperoleh dengan harga terjangkau pun dapat dikategorikan sebagai makanan sehat mengingat makanan tersebut dibuat dari bahan yang tidak banyak menggunakan bahan kimia dan berasal dari tumbuhan segar. Tidur cukup juga menjadi alternatif untuk menciptakan pola hidup sehat karena pada saat manusia melakukan ini, otot dan otak yang selama ini bekerja dapat relaksasi dan beristirahat. Selain itu, olahraga yang rutin juga bisa membantu untuk menurunkan lemak dan kolesterol sehingga timbunan lemak yang memicu timbulnya penyakit dapat dihindari. Tidak membiasakan diri untuk merokok, mengkonsumsi alkohol dan kafein  juga mampu melindungi tubuh dari bahaya nikotin yang jelas merusak sistem pernafasan dan jantung manusia.
Saat pikiran berada posisi rileks dan selalu berpikir positif, hal-hal baik akan selalu dating. Tidak ada perasaan cemas, marah, dan penyakit hati lainnya menjadikan manusia menjadi lebih optimis dalam menghadapi hidup. Manusia pun akan lebih siap saat mendapat permasalahan sehingga beban pikiran pun kecil. Manusia dengan beban pikiran yang berat kemungkinan akan mengalami penyakit seperti tekanan darah tinggi lebih besar dibanding dengan orang yang lebih rileks. Pola hidup sehat inilah yang perlu diupayakan oleh manusia baik yang masih remaja maupun tua demi menciptakan kehidupan yang lebih baik.
Hidup lebih terarah, nyaman, dan bahagia tentunya akan dirasakan jika manusia sehat secara lahir dan batin. Kesehatan jasmani menjadikan manusia mempunyai kesempatan untuk mencapai usia harapan hisup lebih tinggi. Sementara kesehatan batin akan menjadikan manusia lebih optimis dalam menatap masa depan. Semua hal tersebut dapat terwujud jika manusia mau mengaplikasikan pola hidup sehat.

Diet Rendah Kalori, Kunci Hidup Sehat Lebih Lama

Diet Rendah Kalori, Kunci Hidup Sehat Lebih Lama 
Penuaan memang pasti akan terjadi pada setiap orang. Akan tetapi, ternyata dengan diet rendah kalori, proses penuaan ini bisa diperlambat. Bagaimana bisa?
Penuaan pada sel tubuh dikaitkan dengan semakin pendeknya telomer. Telomer merupakan bagian ujung dari DNA yang menjaga supaya sel-sel tubuh tetap hidup. Secara alami, sel-sel tubuh akan mengalami pembelahan untuk regenerasi. Namun, sayangnya setiap kali mengalami pembelahan, bagian telomer ini akan semakin pendek. Bila pada suatu titik, proses pemendekan ini terjadi terus menerus, kematian sel akan berlangsung cepat yang berakibat memperpendek usia seseorang. Telomer yang semakin pendek juga dihubungkan dengan peningkatan risiko terkena penyakit tua seperti dementia atau kepikunan menjadi 100 kali lebih besar dan laju kematian yang lebih tinggi akibat kanker dan penyakit jantung (2).
Di dalam tubuh kita, terdapat enzim telomerase yang membantu supaya ujung telomer memanjang kembali sehingga sel-sel tubuh tetap hidup. Namun, sayangnya semakin bertambahnya umur jumlah enzim ini juga akan menurun. Stress yang kita alami juga menyebabkan aktivitas telomerase menurun dan telomer memendek lebih cepat (4).
Sebuah penelitian yang diterbitkan di Rejuvenation Research tahun 2009 membuktikan dalam hasil penelitiannya bahwa penurunan berat tubuh dan jumlah lemak dengan cara diet rendah kalori pada laki-laki yang mengalami obesitas berhubungan dengan peningkatan panjang telomer. Pada penelitian tersebut, ditunjukkan pula bahwa orang dengan penurunan berat badan dan massa lemak paling besar memiliki peningkatan panjang telomer paling besar (3). Sehingga pada penelitian tersebut disimpulkan bahwa orang yang melakukan diet rendah kalori menghasilkan penurunan berat badan yang mempengaruhi panjang telomer dan menurunkan kerusakan DNA.
Penelitian lain dalam The Lancet Oncology memberikan hasil bahwa orang yang melakukan perubahan gaya hidup dengan mengkonsumsi diet rendah lemak (low-fat diet) dan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari memiliki peningkatan aktivitas telomerase dan panjang telomer. Selain itu, manajemen stress yang baik juga penting, karena dalam penelitian tersebut, terbukti pula bahwa selain dengan diet rendah lemak, dan olahraga yang teratur, tingkat stress yang lebih rendah dapat membantu meningkatkan panjang telomer (5).
Kalori yang kita asup sehari-hari dapat berasal dari karbohidrat, protein dan lemak. Berdasarkan penelitian tersebut, dengan membatasi kalori yang kita makan sehari-hari akan mempengaruhi peningkatan panjang telomer sehingga akan memperpanjang umur dan usia tua. Oleh karena itu, ada baiknya kita mulai hidup sehat dengan menjaga konsumsi makanan, berolahraga, dan mengelola stress agar bisa hidup sehat lebih lama.