Rabu, 12 Oktober 2011

5 Makanan Diet Sehat Bebas Lemak

5 Makanan Diet Sehat Bebas LemakLemak seringkali dituduh sebagai penyebab kolesterol. Padahal asupan lemak penting untuk tubuh. Jenis lemak yang bagaimana yang baik untuk makanan diet sehat? Yuk, simak info penting soal ini!
Salah satu makanan diet sehat adalah asupan 30% lemak. Lemak merupakan sumber energi dan pelarut vitamin. Lemak terdiri dari asam lemak jenuh (SAFA), lemak trans (TFA) serta asam lemak tak jenuh yaitu asam lemak tak jenuh jamak (PUFA) dan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Jenis lemak yang baik dikonsumsi untuk makanan diet sehat adalah lemak tak jenuh, di antaranya asam lemak omega-3 dan omega-6. Asam lemak jenis ini bagus untuk kesehatan jantung, sistim syaraf, hormon, memperbaiki penyerapan nutrisi, dan menjaga daya tahan sel. Nah, biar tubuh mendapat asupan makanan diet sehat bebas lemak jahat, beberapa jenis makanan berikut ini masukkan ke dalam menu diet sehat keluarga.
  1. Buah-buahan. Mengandung serat, air, vitamin, gula alami, dan tentu saja bebas kolesterol. Yang terbaik, tentu saja buah segar. Pilihan kedua adalah buah yang dikeringkan. Buah segar di antaranya, alpukat, apel, keluarga stroberi, pisang, anggur. Buah yang dikeringkan antara lain, kurma, kismis, persik.
  2. Sayuran. Sama dengan buah-buahan, sayuran tinggi kandungan serat dan vitaminnya. Sudah pasti bebas kolesterol. Biar terjaga vitaminnya, sayuran paling baik dimasak dengan cara kukus, panggang, atau tumis dengan minyak sehat (misalnya minyak jagung atau minyak zaitun), dan tentu saja dimakan mentah. Di antaranya, keluarga daun salad, bayam, brokoli, tomat, jagung, dan sayuran berdaun hijau tua, semisal kalian.
  3. Gandum. Tinggi serat, mengandung protein, dan bebas kolesterol. Di antaranya, roti gandum, havermouth, quiona.
  4. Biji-bijan dan kacang-kacangan. Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber lemak baik. Di antaranya, kacang kedelai, kacang almond, kacang mede, biji wijen. Juga sayuran kacang-kacangan, di antaranya, kacang Arab, kacang merah, kacang polong.
  5. Minyak sehat. Tidak semua jenis minyak masak jahat untuk tubuh. minyak sehat dibuat dari biji-bijian dan kacang-kacann. Di antaranya, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, minyak flaxseed.
Well, mulai sekarang jangan takut mengkonsumsi lemak, asalkan jenis lemak yang diasup adalah jenis makanan diet sehat bebas lemak. Mulai sekarang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar